Tuntutan Riot Games ke Moonton, Benarkah Mobile Legend Akan Dihapus?

Belakangan ini, kabar Mobile Legend akan dihapus adalah hal yang menjadi banyak diperbincangkan. Hal ini terutama bagi para pemainnya yang sebagian besar dari kalangan remaja. Penghapusan itu berkaitan dengan tuntutan Riot Games pada Mobile Legend. Meskipun begitu, para pemain tetap harus tahu tentang berita yang sebenarnya. Jadi, tidak akan salah paham atau mendapatkan berita palsu.

Tuntutan Riot Games yang Membuat Mobile Legend akan Dihapus

Baru-baru ini, Riot Game kembali menuntut Moonton yang merupakan developer aplikasi Mobile Legends. Sebenarnya tuntunan ini adalah bukan yang pertama kalinya karena dulu pernah terjadi hal serupa.

Tuntutannya pun sama, yaitu Moonton dianggap plagiarisme terhadap game nama ff keren League of Legends. Namun, pada tuntutan pertamanya berhasil dimenangkan oleh Moonton. Meskipun developer Mobile Legends tersebut harus membayar denda.

Dendanya berupa uang sebesar 2,9 juta dollar. Jika diubah menjadi rupiah, sekitar 42 miliar rupiah. Akhirnya, terdapat tuntutan serupa akhir-akhir karena Riot Game menganggap Moonton telah plagiarisme hak intelektual.

Jika ada pemain yang sama-sama memainkan kedua game tersebut, mungkin akan tahu seperti apa kemiripannya. Mulai dari skin, trailer, karakter, sampai mekanika gameplay memang ada beberapa yang mirip.

Dengan adanya kasus tersebut, juga tersebar kabar bahwa game Mobile Legends akan dihapus. Tentu hal itu membuat resah para pemainnya, apalagi yang sudah ada di level tinggi.

Maka dari itu, saat ini banyak yang mencari informasi mengenai kebenaran dari kabar tersebut. Daripada menduga-duga dan bingung tanpa jawaban pasti, sebaiknya terus simak pembahasan ini. Dengan begitu, akan tahu sendiri jawabannya.

Kronologi Tuntutan Riot Games pada Mobile Legend

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penghapusan Mobile Legends, sebaiknya ketahui dulu kronologi tuntutannya. Tuntutan Riot Games adalah lewat US District Court for the Central District of California.

Tuduhan tersebut juga didasarkan dengan bukti bahwa pihak Mobile Legends telah mencuri konten. Bukan hanya itu, tetapi juga material dari game hasil pengembangan oleh Riot Game.

Permainan tersebut bernama League of Legends: Wild Rift. Moonton pun akan diadili dan dibawa ke China. Hal itu karena Tencent yang merupakan induk dari Moonton memang berbasis di negara China.

Para pemain pasti bingung, apakah yang terjadi memang demikian atau tidak. Jika penasaran sebaiknya baca sendiri surat tuntutannya dari telaah sendiri lebih lanjut. Di bawah ini akan disediakan link untuk dapat membaca tuntutannya.

Link tuntutan Riot Game pada Mobile Legends

Isi dari tuntutan tersebut menggunakan bahasa Inggris. Jadi, jika tidak mengerti, maka bisa menerjemahkannya dahulu.

Apakah Mobile Legends Akan Benar-Benar Dihapus?

Sebagian ada yang mengatakan bahwa kabar Mobile Legend akan dihapus adalah hoax. Jadi, pemain bisa tenang dan tidak perlu panik. Setiap kabar yang ada di internet memang harus dicari kebenaran sumbernya dahulu.

Kabar tuntutan Riot Games memang benar, tetapi tentang penghapusan MLBB kemungkinan hanya iringan semata. Bisa jadi hanya opini atau dugaan dari beberapa orang ketika pertama kali mendengar Mobile Legends dituntut lagi.

Hal itu terbukti dari tidak adanya konfirmasi dari pihak Riot games, Moonton, maupun Play Store. Selain itu, juga dikuatkan dengan beberapa faktor berikut.

  • Kemarin di tahun 2021, Mobile Legends melakukan update versi terbarunya.
  • Termasuk aplikasi game yang sangat populer, terutama di Indonesia.
  • Selain update versi terbarunya, ML juga menghadirkan karakter baru.
  • ML juga termasuk aplikasi game resmi dan sudah dikenal pajak PPN, yaitu sekitar 10 persen.

Akhir Kata

Dari, beberapa faktor di atas, kemungkinan kabar Mobile Legend akan dihapus adalah benar-benar hoax. Oleh karena itu, jangan mudah percaya atau menyebarkan berita sebelum tahu kebenarannya.

Dilansir Dari: rpp-kputangsel.id