soal-reading-smp

Contoh Soal Reading Test SMP Beserta Kunci Jawabannya

Soal Bahasa Inggris Pilihan Ganda Reading Dan Kunci Jawabannya

soal-reading-smp

Halo sobat IBI pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal pilihan membaca ganda dan kunci jawaban tentang pilihan. Langsung saja kita simak soalnya berikut ini.

Dampak Meteorit dan Kepunahan Dinosaurus

Ada semakin banyak bukti bahwa dampak meteorit memiliki efek penting di Bumi, khususnya di bidang evolusi biologis. Dampak seperti itu terus menimbulkan bahaya alam bagi kehidupan di Bumi. Dua kali di abad kedua puluh, benda meteorit besar diketahui telah bertabrakan dengan Bumi. Jika dampaknya cukup besar, dapat mengganggu lingkungan seluruh Bumi dan menyebabkan bencana ekologis. Dampak terbaik yang didokumentasikan terjadi 65 juta tahun yang lalu pada akhir periode Kapur dalam sejarah geologi. Terobosan dalam sejarah Bumi ini ditandai dengan kepunahan massal, ketika sebanyak setengah spesies di planet ini punah. Meskipun ada selusin atau lebih kepunahan massal dalam catatan geologis, kepunahan massal Kapur selalu menarik minat ahli paleontologi karena menandai akhir zaman dinosaurus.

Selama puluhan juta tahun, makhluk-makhluk besar itu telah berkembang. Kemudian, tiba-tiba, mereka menghilang. Benda yang menabrak Bumi pada akhir periode Kapur adalah meteorit dengan massa lebih dari satu triliun ton dan diameter setidaknya 10 kilometer. Para ilmuwan pertama kali mengidentifikasi dampak ini pada tahun 1980 dari lapisan sedimen di seluruh dunia yang diendapkan dari awan debu yang menyelimuti planet ini setelah tumbukan. Lapisan sedimen ini diperkaya dengan iridium logam langka dan unsur-unsur lain yang relatif melimpah di meteorit tetapi sangat jarang di kerak bumi. Bahkan diencerkan oleh material terestrial yang digali dari kawah, komponen meteorit ini mudah diidentifikasi. Pada tahun 1990, para ahli geologi telah menemukan lokasi tumbukan itu sendiri di wilayah Yucat, Meksiko.

Kawah, yang sekarang terkubur dalam sedimen, awalnya berdiameter sekitar 200 kilometer. Tabrakan ini melepaskan sejumlah besar energi, menggali kawah sekitar dua kali lebih besar dari kawah bulan Tycho. Ledakan itu mengangkat sekitar 100 triliun ton debu ke atmosfer, seperti yang dapat ditentukan dengan mengukur ketebalan lapisan sedimen yang terbentuk saat debu ini mengendap ke permukaan. Jumlah material seperti itu akan menghalangi sinar matahari sepenuhnya mencapai permukaan, menjerumuskan Bumi ke dalam periode dingin dan kegelapan yang berlangsung setidaknya beberapa bulan. Ledakan itu juga dihitung telah menghasilkan sejumlah besar asam nitrat dan batuan cair yang menyembur ke sebagian besar Bumi, memulai kebakaran luas yang pasti telah menghabiskan sebagian besar hutan dan padang rumput terestrial.

Agaknya, bencana lingkungan itu bisa bertanggung jawab atas kepunahan massal, termasuk kematian dinosaurus. Beberapa kepunahan massal lainnya dalam catatan geologis telah diidentifikasi secara tentatif dengan dampak besar, tetapi tidak ada yang sedramatis peristiwa Kapur. Tetapi bahkan tanpa dokumentasi khusus seperti itu, jelas bahwa dampak sebesar ini memang terjadi dan hasilnya bisa menjadi bencana besar. Apa yang merupakan malapetaka bagi satu kelompok makhluk hidup, bagaimanapun, dapat menciptakan peluang bagi kelompok lain. Setelah setiap kepunahan massal, ada ledakan evolusioner yang tiba-tiba ketika spesies baru berkembang untuk mengisi relung ekologi yang dibuka oleh peristiwa tersebut. Dampak meteorit merupakan salah satu mekanisme yang dapat menyebabkan bencana global dan secara serius mempengaruhi evolusi kehidupan di seluruh planet ini.

Menurut beberapa perkiraan, sebagian besar kepunahan spesies mungkin disebabkan oleh dampak tersebut. Perspektif seperti itu secara mendasar mengubah pandangan kita tentang evolusi biologis. Kriteria standar untuk kelangsungan hidup suatu spesies adalah keberhasilannya dalam bersaing dengan spesies lain dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah secara perlahan. Namun kriteria yang sama pentingnya adalah kemampuan suatu spesies untuk bertahan dari bencana ekologi global yang acak akibat dampaknya. Bumi adalah target di galeri penembakan kosmik, yang menjadi sasaran peristiwa kekerasan acak yang tidak terduga beberapa dekade lalu. Pada tahun 1991 Kongres Amerika Serikat meminta NASA untuk menyelidiki bahaya yang ditimbulkan hari ini oleh dampak besar di Bumi. Kelompok yang melakukan penelitian menyimpulkan dari analisis terperinci bahwa dampak dari meteorit memang bisa berbahaya. Meskipun selalu ada beberapa risiko bahwa dampak besar dapat terjadi, studi yang cermat menunjukkan bahwa risiko ini cukup kecil.
Pertanyaan

pertanyaan

  • 1. Kata pose dalam perikop tersebut paling dekat artinya dengan
    klaim
    B.Model
    C. Terima
    D. Hadir
  • 2. Mengapa penulis memasukkan dalam paragraf 2 informasi bahwa dinosaurus telah berkembang selama puluhan juta tahun dan kemudian tiba-tiba menghilang?
    Untuk mendukung klaim bahwa akhir dari kepunahan massal Kapur adalah dokumentasi terbaik dari sekitar selusin kepunahan massal dalam catatan geologis
    B. Untuk menjelaskan mengapa diyakini bahwa hingga setengah spesies di bumi punah pada akhir Zaman Kapur
    C. Untuk menjelaskan mengapa ahli paleontologi selalu terpesona oleh kepunahan massal di akhir Kapur
    D. Untuk membuktikan bahwa suatu dampak dapat cukup besar untuk mengganggu lingkungan seluruh planet dan menyebabkan bencana ekologis
  • 3. Manakah dari pernyataan berikut tentang lokasi tumbukan meteorit di Meksiko yang dapat diturunkan dari paragraf 3?
    A. Lokasi situs tumbukan di Meksiko dirahasiakan oleh para ahli geologi dari tahun 1980 hingga 1990.
    B. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dampaknya terjadi di wilayah Yucat.
    C. Ahli geologi tahu ada dampak sebelum mereka tahu di mana itu terjadi.
    D. Wilayah Yucat dipilih oleh para ahli geologi sebagai lokasi yang paling mungkin terkena dampak karena iklimnya.
  • 4. Bagaimana para ilmuwan menentukan menurut paragraf 3 bahwa sebuah meeorit besar telah menabrak bumi?
    A. Mereka menemukan kawah besar di wilayah Yucat, Meksiko.
    B. Mereka menemukan lapisan sedimen yang unik di seluruh dunia.
    C. Anda diperingatkan oleh para arkeolog yang melakukan penggalian di wilayah Yucat.
    D. Mereka menemukan meteorit dengan massa lebih dari satu triliun ton.
  • 5. Kata menggali dalam perikop itu memiliki makna yang paling dekat
    A. Menggali
    B. Perluas
    C. Hancurkan
    D. Menutupi
  • 6. Kata yang digunakan dalam perikop itu paling dekat artinya
    A. Berubah
    B. Terkena
    C. Hancur
    D. Tertutup
  • 7. Sesuai dengan paragraf 4, semua pernyataan berikut berlaku untuk efek pada akhir Kapur KECUALI:
    A. Sejumlah besar debu menghalangi sinar matahari dari bumi.
    B. Bumi menjadi dingin dan gelap selama beberapa bulan.
    C. Unsur-unsur baru terbentuk di kerak bumi.
    D. Sejumlah besar asam nitrat diproduksi.
  • 9. Kata perspektif dalam perikop itu paling dekat dengan maknanya
    A. Kesadaran akan nilai
    B. Posisi
    C. Perhitungan
    D. Komplikasi
  • 10. Paragraf 6 mendukung pernyataan manakah di bawah ini tentang faktor-faktor penting bagi suatu spesies untuk bertahan hidup?

A. Faktor terpenting dalam kelangsungan hidup suatu spesies adalah kemampuannya untuk bersaing dan beradaptasi dengan perubahan bertahap di lingkungannya.
B. Kemampuan suatu spesies untuk bersaing dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah secara bertahap bukanlah satu-satunya kemampuan yang penting untuk kelangsungan hidup.
C. Karena sebagian besar kepunahan spesies disebabkan oleh dampak meteor yang besar, faktor terpenting dalam kelangsungan hidup suatu spesies adalah kemampuan untuk bertahan dari dampak tersebut.
D. Faktor-faktor yang paling penting bagi kelangsungan hidup suatu spesies sangat bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya.

Kunci Jawaban

  • 1. D
  • 2. C
  • 3. C
  • 4. B
  • 5.A.
  • 6. C
  • 7. C
  • 8. B
  • 9. B
  • 10. B

Demikian Soal Bahasa Inggris Pilihan Ganda Membaca Dan Kunci Jawabannya yang sudah disampaikan IBI pada kesemptan kali ini ssemoga dapat bermanfaat.

Sumber :