Riset-Operasi-faktor-level-teknik-fungsi-metode

Riset Operasi: faktor, level, teknik, fungsi, metode

Definisi riset operasi
Buka baca cepat

Riset Operasi merupakan implementasi dari Metode Ilmiah dalam menyelesaikan masalah dan merumuskan sistem manajemen yang besar, baik yang berbasis manusia, mesin, material dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan dan pertahanan.

Riset-Operasi-faktor-level-teknik-fungsi-metode
Pahami riset operasi menurut para ahli

Berikut adalah beberapa pendapat ahli mengenai riset operasi, yaitu sebagai berikut:
1. Setelah Morse dan Kimball

Menurut Morse dan Kimball, Riset Operasi adalah metode ilmiah yang memungkinkan manajer membuat keputusan kuantitatif tentang aktivitas yang mereka lakukan. Definisi ini kurang jelas karena tidak mencerminkan perbedaan antara riset operasi dan disiplin ilmu lain.
2. Setelah Churchman, Arkoff dan Arnoff

Menurut Churchman, Arkoff, dan Arnoff, Riset Operasi adalah penerapan metode, teknik, dan alat ilmiah untuk memecahkan masalah yang muncul dalam operasi perusahaan untuk menemukan solusi optimal dari masalah tersebut.

3. Menurut Miller dan M.K. Kaku

Menurut Miller dan M.K. Starr, Riset Operasi sebagai alat manajemen yang menggabungkan sains, matematika dan logika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari sehingga pada akhirnya masalah tersebut dapat diselesaikan secara optimal.
4. Setelah Mc Closky dan Trefthen

Menurut Mc Closky dan Trefthen, penelitian operasional adalah metode pengambilan keputusan yang dikembangkan dari mempelajari operasi militer selama Perang Dunia II.

5. Menurut S.L. memasak

Menurut SL Cook, Riset Operasi adalah suatu pendekatan, sekumpulan teknik, sekelompok kegiatan, kombinasi dari beberapa disiplin ilmu, perluasan dari disiplin ilmu utama (matematika, teknik, ekonomi), disiplin baru, bidang ilmu pekerjaan, bahkan agama.
Sejarah pengembangan riset operasional

Sejarah Riset Operasi dimulai pada masa Perang Dunia II yang sangat efektif dalam efisiensi penggunaan peralatan perang sebagai metode penyelesaian masalah militer dengan mengoptimalkan kekuatan militer. Setelah bidang militer dinyatakan berhasil, industri secara bertahap mengadopsi riset operasi. Pada tahun 1951, dunia industri dan bisnis memberikan pengaruh yang besar terhadap organisasi manajemen dalam penelitian operasi mereka. Perkembangan sekarang berlangsung di bawah aspek pembagian kerja dan segmentasi tanggung jawab manajemen dalam organisasi yang secara sistematis bergantung pada perkembangan teknologi sistematis dan faktor lain seperti ekonomi, politik, sosial, dll.
Faktor Pengembangan Riset Operasi

Berikut dua faktor dalam pengembangan riset operasional, yaitu sebagai berikut:
Baca Lainnya: Pengertian Akuntabilitasi Menurut Para Ahli

Kemajuan mendasar dibuat di awal pengembangan teknik yang ada menuju RO.
Perkembangan teknologi komputer.

Tahapan Riset Operasi

Berikut adalah beberapa tahapan penelitian operasional yaitu sebagai berikut:

Identifikasi masalah

Penentuan dan perumusan tujuan masalah yang jelas dalam sistem model saat ini. Identifikasi perubahan yang digunakan sebagai kriteria untuk keputusan terkendali dan tak terkendali. Kumpulkan data tentang batasan yang melekat pada variabel dalam fungsi tujuan dari model sistem yang diteliti.

Pengembangan model

Memilih model yang cocok dan tergantung masalahnya. Merumuskan segala macam faktor yang terlibat dalam model yang relevan secara simbolis dalam perumusan model matematika. Tentukan variabel dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Tentukan fungsi tujuan dan batasannya dengan nilai dan parameter yang unik.

Analisis model

Berikut beberapa model analisis, antara lain:

Analisis model yang dikompilasi dan dipilih.
Pemilihan hasil analisis terbaik (optimal).
Lakukan uji sensitivitas dan analisis hasil pasca-optimal menggunakan analisis model.

Catatan model

Analisis validasi model melibatkan evaluasi model dengan membandingkannya dengan kondisi dan data dunia nyata, serta menguji dan memvalidasi asumsi yang membentuk model secara struktural (yaitu, perubahannya, hubungan fungsional, dll.).

Implementasi hasil

Hasil berupa nilai-nilai yang digunakan dalam kriteria keputusan merupakan hasil analisis yang dapat digunakan dalam merumuskan keputusan yang dapat digunakan dalam merumuskan strategi, tujuan dan kebijakan untuk disajikan dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan berupa pilihan alternatif.
Operati

 

LIHAT JUGA:

 

https://memphisthemusical.com/
https://officialjimbreuer.com/
https://timeisillmatic.com/
https://votizen.com/
https://boutiquevestibule.com/
https://ariatemplates.com/
https://worldbeforeher.com/
https://thinknext.net/
https://bootb.com/
https://excite.co.id/