pengertian-variabel

Pengertian Variabel, Jenis, Contoh dan Menurut Para Ahli

Definisi variabel

pengertian-variabel

Variabel adalah sesuatu yang berubah atau tidak konstan. Ini juga dapat didefinisikan sebagai nilai yang memiliki banyak variasi. Intinya adalah dia memiliki banyak nilai. Untuk lebih detil mengenai variabel ini, sekarang juga diberikan penjelasan tentang variabel-variabel yang disajikan oleh para ahli.

Pahami variabel menurut para ahli

Pahami variabel-variabel yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut:

F.N. Kerlinger

Menurutnya variabel merupakan konsep yang memiliki nilai yang berbeda-beda, dan variabel adalah konsep yang berubah.

Freddy Rankuti

Sedangkan menurut Freddy variabel ini merupakan konsep dengan nilai variabel yang dapat dipecah menjadi empat tanggal berbeda yaitu skala, rasio, ordinal, kata benda, dan internal.

Soegeng (2007)

Soegeng juga mengemukakan bahwa variabel merupakan hal-hal yang dipelajari dalam penelitian.

Sutrisno Hadi

Menurutnya, variabel ini merupakan variasi dari obyek penelitian, misalnya tinggi badan manusia, dan juga bervariasi menurut umur atau berat badan.

Kerlingger (1973)

Dikutip dari Sugiyono, ia mengutarakan pendapatnya bahwa variabel merupakan konstruk atau karakteristik yang dipelajari.

Jadi inferensi suatu variabel merupakan suatu besaran yang dapat diubah dan selalu berubah sedemikian rupa sehingga mempengaruhi timbulnya suatu hasil penelitian. Dengan variabel tersebut kita juga bisa menghitung data mana saja yang masih dibutuhkan.

Variabel tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu variabel kualitatif dan variabel kuantitatif. Variabel kuantitatif dibedakan menjadi dua jenis, yaitu variabel diskrit dan variabel kontinu.

Contoh variabel

Variabel adalah atribut atau properti dengan variasi:

  • kata “body” (bukan variabel) sedangkan “height” (variabel) itu karena berat badan seseorang berbeda (mempunyai variasi)
  • kata “kecerdasan” (bukan variabel, tetapi “tingkat kecerdasan” (variabel)).
  • kata ‘siswa’ (bukan variabel), tetapi ‘motivasi siswa’ (variabel)

Variabel adalah properti yang akan diperiksa

  • pengakuan
  • pendapatan
  • pendidikan
  • status sosial
  • Jenis kelamin
  • Nilai gaji
  • Produktivitas tenaga kerja

Kedua contoh di atas menunjukkan bahwa variabel merupakan nilai yang memiliki variasi.

Jenis variabel

Variabel ada empat (4) jenis, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Berikut penjelasannya

Variabel bebas

Variabel independen merupakan variabel yang terjadi karena adanya perubahan dan juga penyebab terjadinya variabel dependen atau variabel dependen. Variabel ini disebut variabel independen dan dapat dikaitkan dengan variabel kinerja, variabel prediktor, dan banyak istilah lainnya.

variabel tak bebas

Sedangkan variabel dependen adalah variabel yang tidak independen dan dependen serta mempengaruhi setiap variabel independen atau variabel independen.

Variabel moderator

Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi sesuatu yang lebih kuat atau lebih lemah dan memiliki keterkaitan dengan variabel bebas atau variabel terikat. Variabel kedua dari variabel independen disebut variabel moderator.

Variabel Intervening

Variabel intervening yaitu variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen yang tidak dapat diamati atau diukur. Variabel ini tidak dapat diukur secara langsung karena nilainya terus berubah

Di atas Anda akan menemukan penjelasan tentang variabel dan juga jenis variabel. Untuk itu dan terima kasih telah membaca tentang pengertian variabel, jenis, dan menurut para ahli, saya rasa apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :