pengertian-administrasi

Pengertian Administrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan

Definisi administrasi

pengertian-administrasi

Pengertian administrasi ini merupakan suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penetapan suatu kebijakan agar tujuan organisasi dapat atau dapat tercapai. Jadi bisa dikatakan bahwa administrasi memegang peranan yang sangat penting dalam semua aktivitas suatu organisasi.

Dengan demikian, istilah administrasi sederhana dapat atau dapat diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan atau kegiatan yang meliputi pembukuan sederhana, pencatatan, pengetikan, korespondensi, serta kegiatan atau kegiatan lain yang bersifat administratif. Pengertian administrasi yang luas ini mencakup seluruh proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang mempunyai tujuan untuk mencapai tujuan, yaitu menggunakan sarana dan prasarana tertentu secara efisien dan efektif.

Dari definisi administrasi tersebut kita dapat atau dapat mengetahui 3 hal penting berikut ini:

  • Manajemen ini adalah seni sekaligus proses. Sebagai sebuah seni, manajemen membutuhkan tip-tip khusus yang bersifat kondisional dan situasional karena selalu berkaitan dengan kondisi, waktu, situasi dan tempat.
  • Dalam penyelenggaraannya terdapat unsur-unsur tertentu antara lain; Ada atau punya tujuan, ada kerjasama antara orang-orang ini yang berbentuk formal dan hierarkis, ada tugas, ada dua orang atau lebih di dalamnya, ketersediaan sarana dan prasarana.
  • Administrasi muncul bersamaan dengan kemunculan peradaban manusia, dimana pemerintahan diharapkan dapat mencapai tujuan bersama.

Pahami administrasi oleh para ahli

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manajemen, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut George R. Terry

Pengertian administrasi adalah kegiatan atau kegiatan merencanakan, mengendalikan dan mengatur pekerjaan kantor serta gerak orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan atau ditetapkan.

2. Menurut Arthur Grager

Definisi administrasi ini merupakan fungsi dari administrasi komunikasi organisasi dan layanan dokumen.

3. Menurut Sondang P. Siagian

Pengertian administrasi ini merupakan suatu bentuk proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas yang dipilih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Setelah Ulbert

Pengertian administrasi adalah penyusunan dan pencatatan sistematis data / informasi internal dan eksternal guna memberikan informasi dan memudahkan pengambilan, baik sebagian maupun seluruhnya. Sedangkan pengertian administrasi dikenal dalam pengertian yang sederhana yaitu administrasi.

5. Setelah Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Pengertian administrasi ini merupakan bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang efisien atau berkaitan dengan kapan dan dimana pekerjaan itu perlu dilakukan.

Unsur administratif

Ada beberapa elemen yang harus ada dalam sebuah bidang bisnis. Menurut The Liang Gie, harus ada 8 elemen, di antaranya sebagai berikut:

1. Organisasi

Definisi organisasi ini adalah titik temu bagi sekelompok orang untuk berkolaborasi menggunakan sumber daya yang ada. Dalam suatu organisasi terdapat kegiatan atau kegiatan yang berhubungan dengan penataan, penataan, pembagian tugas suatu kerjasama guna mencapai tujuan tertentu.

2. Manajemen

Manajemen jangka adalah proses mengatur tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau bahkan organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan manajemen ini harus dapat menggerakkan semua orang dan kemudian menginstruksikan semua fasilitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atau ditentukan sebelumnya.

3. Komunikasi

Pengertian komunikasi adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, baik itu berita, gagasan atau bahkan gagasan, dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi dalam kegiatan administrasi dapat atau dapat dilakukan secara lisan, melalui bahasa tubuh atau tulisan.

4. Pekerjaan

Pengertian personalia adalah suatu proses yang berkaitan dengan pengaturan tenaga kerja dalam organisasi. Proses kepegawaian dalam organisasi dimulai dengan persetujuan, pendampingan, pengangkatan, penempatan, kepengurusan, promosi, dan pemberhentian hingga pemberhentian / pensiun.

5. Keuangan

Pengertian keuangan dalam administrasi ini mengacu pada pendanaan dalam hubungan kolaboratif yang meliputi: pengelolaan terkait dengan pembayaran, tanggung jawab biaya, identifikasi sumber biaya, penerimaan biaya dan lain-lain.

6. Pengiriman

Yang dimaksud perbekalan adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang berkaitan dengan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh suatu organisasi. Beberapa dari aktivitas ini termasuk menyimpan barang, mencari barang, dan menghancurkan barang yang tidak perlu.

7. Administrasi

Yang dimaksud dengan administrasi dalam penyelenggaraan ini adalah kegiatan atau kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan manajemen. Misalnya pengiriman, penyimpanan, pencatatan dan lain-lain. Biasanya kegiatan atau kegiatan administratif ini disebut sebagai “pekerjaan kantor” dan dilakukan di dalam kantor.

8. Hubungan Masyarakat (PR)

Istilah humas atau humas merupakan bagian dari suatu organisasi yang mempunyai fungsi melaksanakan hubungan, interaksi dan juga kerjasama dengan masyarakat terkait yaitu dengan organisasi. Maksud dari kegiatan atau kegiatan Humas ini adalah untuk memberikan dukungan penuh kepada organisasi secara sadar dan sukarela dari masyarakat.

Karakteristik administratif

Dalam hal kegiatan administrasi, berbagai ciri / ciri mudah dikenali, antara lain:

Administrasi memiliki tujuan yang jelas, sedangkan seluruh proses kolaborasi berlaku untuk pemahaman yang luas tentang administrasi

  • Dalam pemerintahan ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau lebih
  • Manajemen selalu dikaitkan dengan aktivitas atau aktivitas kolaboratif
  • Ada bisnis atau proses kerja dalam administrasi
  • Kegiatan administrasi selalu ada pembinaan dan pengawasan serta kepemimpinan,

Fungsi administratif

Berikut adalah beberapa fungsi administratif dalam organisasi:

1. Planning (perencanaan)

Perencanaan ini merupakan suatu kegiatan atau kegiatan perencana yang membutuhkan suatu kegiatan atau kegiatan administrasi mulai dari pengumpulan data hingga pengolahan data hingga perencanaan.

2. Atur (kompilasi)

Pengorganisasian adalah suatu kegiatan atau kegiatan dalam menyatukan dan membangun komunikasi kerja antar anggota organisasi sehingga kemudian tercapai dan terciptanya suatu unit bisnis untuk dapat atau mampu mencapai tujuan organisasi.

3. Koordinasi (koordinasi)

Koordinasi adalah bagian dari fungsi manajemen yang kemudian melakukan serangkaian kegiatan atau kegiatan agar berjalan dengan baik menghindari kekacauan, bentrokan, kegiatan kosong atau kegiatan yang dilakukan dengan cara menyatukan, menghubungkan, dan juga menyesuaikan pekerjaan seorang bawahan dengan kolaborasi, yang direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi.

4. Pelaporan (report)

Pelaporan tersebut adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan perkembangan atau bahkan hasil suatu kegiatan dengan membuat dan memberikan laporan lisan dan tertulis mengenai tugas dan fungsi pejabat senior guna mendapatkan gambaran pelaksanaan tugas anggota Dewan Komisaris. organisasi .

5. Budgeting (penyusunan anggaran)

Penganggaran adalah kegiatan perencanaan dan pengelolaan keuangan atau penganggaran di dalam organisasi yang dilakukan secara berkelanjutan.

6. Personil (penempatan)

Rekrutmen ini merupakan suatu kegiatan atau kegiatan yang berhubungan atau berhubungan dengan departemen sumber daya manusia serta sumber daya lain dalam suatu organisasi, yaitu: Mulai dari perekrutan tenaga kerja hingga pengembangan dan diakhiri dengan peralatan dalam suatu organisasi.

7. Direction (arahan atau petunjuk)

Pengarahan adalah kegiatan atau kegiatan berinteraksi dengan anggota organisasi berupa perintah, arahan, dan saran agar tugas dilaksanakan dengan baik guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau ditetapkan sebelumnya.

Peran administratif

Administrasi dapat dikatakan dibandingkan dengan Ratu Perdamaian. Kegembiraan ini terus terjadi di sebuah perusahaan atau bisnis jika administrasi tidak dilakukan dengan baik.

Bayangkan jika Anda tidak memiliki format penyimpanan file yang layak. Apakah file dan korespondensi Anda diajukan secara sembarangan?

Suatu hari Anda benar-benar membutuhkannya dan butuh waktu lama untuk menemukannya. Tentu saja, meskipun diatur dengan baik, kali ini dapat atau dapat disingkat dan digunakan untuk mencapai tujuan lain.

Pengertian administrasi pada divisi UBA sebenarnya sangat luas dan juga berkaitan dengan segala jenis manajemen pada berbagai posisi dalam suatu departemen suatu perusahaan. Menurut postingan Pankaj Mishra di Linkedin, admin nantinya akan terhubung ke semua jenis departemen, partner perusahaan, dan konsumen secara bersamaan.

Untuk itu, bidang ini setidaknya harus mencakup hal-hal berikut, yaitu:

  • Pahami pentingnya manajemen
  • Meningkatkan kinerja staf kantor dalam mengatur dan mengelola administrasi kantor di semua bidang
  • Menerbitkan standar pengarsipan yang benar
  • Juga mengembangkan dan mengelola aset perusahaan
  • Dapat mengembangkan prosedur administrasi
  • Dapat mengontrol dan merencanakan anggaran administrasi
  • Hasilkan laporan tentang aktivitas atau aktivitas perusahaan mulai dari penggajian hingga aktivitas pengiriman atau aktivitas ke hal lain

Meski begitu, tugas utama administrator tentu saja bergantung pada perusahaan. Untuk memastikan bahwa bidang ini memastikan efisiensi kinerja perusahaan di semua departemen. Mereka bertindak sebagai jembatan antara manajemen dan karyawan.

Pengelolaan kantor ini merupakan salah satu unsur yang berkaitan dengan efisiensi dan produktivitas kerja perusahaan. Mereka memberikan informasi yang dibutuhkan oleh semua jenis departemen untuk mencapai setiap deskripsi pekerjaan dan perencanaan untuk setiap manajemen.

Mereka kemudian menyediakan semua jenis departemen dengan apa yang mereka butuhkan, peraturan bangunan serta budaya perusahaan. Nampaknya bidang ini sudah hilang dari bumi, meski pengelolaan ini menjadi kunci utama kelancaran regulasi bisnis.

Tujuan administratif

Di bawah ini merupakan fungsi manajemen yaitu beberapa poin dan penjelasan lengkapnya yang dibahas di bawah ini:

  • Pemantauan kegiatan administrasi
  • Evaluasi aktivitas perusahaan
  • Kembangkan program bisnis
  • Untuk memastikan keamanan operasi bisnis

Jenis manajemen

Bergantung pada ruang lingkup pekerjaan, administrasi dibagi menjadi beberapa jenis:

1. Administrasi negara

Administrasi negara ini merupakan suatu sistem yang mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan ketatanegaraan agar dapat berfungsi dengan baik

2. Administrasi komersial

Kegiatan niaga atau bisnis ini merupakan kegiatan atau kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang disepakati atau disepakati, yaitu mencari keuntungan.

3. Manajemen kependudukan

Ini adalah rangkaian kegiatan atau kegiatan yang bertujuan untuk mengatur, menyelenggarakan, dan mengendalikan data dan dokumen kependudukan melalui pencatatan sipil, pengelolaan informasi, pencatatan kependudukan, dan penggunaan data, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Manajemen keuangan

Pengelolaan keuangan ini adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang berhubungan atau berhubungan dengan keuangan, mis. B. pencatatan pendapatan, pengeluaran, arus dan sumber keuangan dalam laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

5. Manajemen pendidikan

Manajemen pendidikan ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan yang menyangkut eksistensi

  • Perencanaan,
  • untuk mengatur,
  • Dalam pandangan,
  • Pengarahan dan sebagainya.

Contoh manajemen

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh pengelolaan menurut jenis:

  • Contoh ketatanegaraan adalah aturan pembentukan lembaga pemerintahan, aturan perombakan kabinet oleh presiden, aturan pemilihan umum, dan sebagainya.
  • Contoh pengelolaan keuangan adalah penerbitan faktur, perhitungan setiap arus masuk dan keluar dana untuk penyusunan pembukuan atau biasa disebut laporan keuangan sesuai arus dana yang ada dan juga berdasarkan aturan.
  • Contoh manajemen pendidikan yang sering disebut dengan manajemen, mis. Misalnya mengelola makalah, membuat jadwal, dan mengatur kegiatan atau kegiatan sekolah.
  • Contoh manajemen kantor adalah mengurus karyawan, mencatat arus barang, menyiapkan laporan barang dan keuangan, menghitung dan mengelompokkan barang gudang, dll.
  • Contoh administrasi pekerjaan adalah pembuatan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP, akta kematian, akta kelahiran dan masih banyak lagi. Pengelolaan dan penyimpanan data dan informasi kependudukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian penjelasan mengenai pengertian manajemen, karakteristik, tujuan, peran, elemen, jenis dan contoh, semoga yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Sumber :