Pendidikan-Nonformal-Pengertian-Ciri-Fungsi-Tujuan-Contoh

Pendidikan Nonformal: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Contoh

Definisi pendidikan nonformal
Buka baca cepat

Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan bertingkat. Hasil pendidikan nonformal dapat dinilai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan telah melalui proses penilaian yang setara. Biasanya dikaitkan dengan bakat dan hobi. Pendidikan nonformal bertujuan untuk menggantikan, melengkapi dan melengkapi pendidikan formal.
Fitur pendidikan non-formal

Pendidikan-Nonformal-Pengertian-Ciri-Fungsi-Tujuan-Contoh
Berikut ciri-ciri pendidikan nonformal yaitu sebagai berikut:

Lokasi pembelajaran bisa di luar gedung
Terkadang tidak ada persyaratan khusus.
Secara umum, Anda tidak memiliki level yang jelas.
Ada program tertentu yang harus ditangani secara khusus.
Praktis dan spesial.
Pelatihannya singkat
Terkadang ada ujian
Bisa dilakukan oleh pemerintah atau swasta
Pembelajaran bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan khusus
Tidak ada batasan umur.

Fungsi pendidikan nonformal

Fungsi pendidikan nonformal dirancang untuk mengisi waktu luang, mengembangkan potensi siswa, dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional, mengembangkan sikap dan kepribadian profesional, memastikan integrasi kehidupan sosial dan partisipasi optimal dalam kehidupan sosial dan kehidupan sosial kemasyarakatan.
Baca lebih lanjut: Energi alternatif

Tujuan pendidikan non formal

Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan
Meningkatkan keterampilan akademik dalam bimbingan belajar dapat membantu meningkatkan keterampilan akademik anak-anak setelah sekolah.
Waktu belajar fleksibel karena mengikuti kursus / les privat. Anak-anak dapat menyesuaikan jadwal mereka dengan waktu yang tersedia sehingga alih-alih berfokus pada jadwal, mereka dapat menyesuaikan waktu.
Pantau aktivitas belajar anak dengan baik dan efisien. Orang tua juga dapat menghubungi tutor kapan saja untuk memantau perkembangan kemampuan akademik anak mereka serta sejauh mana perkembangan anak mereka.
Anak lebih fokus les privat / les privat menggunakan fasilitas belajar mandiri yang lebih nyaman, dan anak selalu didampingi oleh tutor agar anak bisa lebih mudah fokus belajar.
Les privat untuk orang tua yang sibuk sangat membantu orang tua yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mendampingi atau menasihati anak selama studi.
Pengembangan sumber daya manusia, baik fisik maupun intelektual, cita rasa dan karakter, pembudidayaan dan tenaga kerja
Mengembangkan kecerdasan, perilaku, kreativitas, dan keterampilan yang harmonis, harmonis, dan seimbang untuk meningkatkan kualitas hidup warga negara dan berbangsa dan bernegara.
Meningkatkan kehidupan atau taraf hidup berarti bahwa apa pun yang dilakukan orang-orang ini harus bermanfaat bagi kehidupan mereka dan dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Bisa melakukan apa saja, mau belajar sesuatu untuk perubahan, asalkan apa yang dipelajari dan dilakukan tidak melanggar norma dan nilai kemanusiaan yang ada di masyarakat.

Contoh pendidikan non formal
1. Lembaga kursus

Tentunya semua orang sudah tidak asing lagi dengan istilah “kurus” atau “les”. Program pendidikan tambahan selain sekolah menjadi sangat terkenal. Kursus tersebut umumnya memberikan materi untuk mengembangkan keterampilan di alam. Pembangunan di sini tidak hanya mewakili satu bidang, tetapi semua bidang pembangunan. Seperti halnya seni, ada banyak kursus yang ditawarkan dalam berbagai gaya, seperti musik, drama, tari, dan seni lukis. Olahraga dan aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, menjahit, dan memasak. Semua ini adalah bagian dari pendidikan informal.
Baca lebih lanjut: observasi

2. Kelompok kerja masyarakat.

Kelompok Belajar Masyarakat adalah lembaga pendidikan nonformal yang berfungsi sebagai tempat belajar bersama dari, dari, dan untuk masyarakat sekitar. Kelompok belajar komunitas ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan tumbuhnya bakat komunitas sehingga dapat membawa manfaat bagi lingkungan. Salah satu contoh pendidikan pembelajaran masyarakat adalah Kelompok Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Studi Bisnis (KBU).
3. Satuan pendidikan serupa

Ini adalah pelatihan nonformal yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan a

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/