Makanan Khas Palembang Terbaru 2022 Paling Enak

Makanan Khas Palembang Terbaru 2022 Paling Enak

30 Makanan Khas Palembang Terbaru

Makanan Khas Palembang Terbaru 2022 Paling Enak

Makanan khas Palembang memiliki keunikan yang luar biasa. Hampir semua menu yang disajikan memiliki variasi rasa mulai dari asin, pedas, asam dan manis.

Menariknya, hampir semua menu kini dijual ke seluruh pelosok Indonesia. Jadi kamu bisa menikmatinya tanpa harus jauh-jauh ke Palembang. Namun, rasa yang dihasilkan tidak asli.

Jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa melakukannya dari rumah. Karena tidak membutuhkan skill yang tinggi. Penasaran dengan berbagai menu yang disajikan di tempat ini? Mari kita lihat hasil riset rasa di bawah ini.

1. Telok Ukan
makanan khas palembang
Foto: https://www.instagram.com/chefopek/

Makanan Palembang pertama yang bisa kamu coba adalah Telok Ukan. Telur bebek disajikan untuk perayaan pernikahan tradisional di Palembang. Nama menu ini berasal dari tradisi yang dikaitkan dengan keterpencilan.

Jadi sebelum seorang gadis menikah. Dia harus melanjutkan tradisi khalwat. Gadis itu harus belajar memasak, salah satunya adalah Telok Ukan. Cara membuatnya mudah dan susah.

Telur bebek yang dipilih kemudian dilubangi dan isinya dicampur dengan santan dan bumbu lainnya sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan asin.

Sayangnya, kini sebagian masyarakat Palembang sudah mulai jarang menyiapkan makanan ini. Biasanya Anda bisa mendapatkannya di acara-acara besar seperti bazaar atau acara pameran.
2. Tekwan
makanan khas palembang paling enak
Foto: https://www.instagram.com/cynthiahali/

Jajanan khas Palembang selanjutnya yang bikin ketagihan menginap di Palembang adalah Tekwan. Produksinya sendiri terdiri dari campuran daging, ikan dan tepung tapioka.

Bentuknya kecil, bulat. Disajikan dengan kuah udang yang memiliki cita rasa khas. Untuk melengkapi menu yang satu ini biasanya ditambah dengan irisan ubi, jamur, daun bawang, dan seledri.

Nah, dalam bahasa Palembang sendiri, Tekwan itu singkatan lho, pekik Samo, sob. Dalam bahasa Indonesia artinya duduk dan mengobrol dengan teman.
Maklum, menu Tekwan ini sebenarnya dihadirkan khusus untuk kamu yang hang out bareng teman. Kamu bisa membelinya di stand yang berbeda dengan harga mulai dari 15.000 saja.
3.
Foto: https://www.instagram.com/jenny_zhang1/

Bahan dasar makanan ini adalah sagu yang berbentuk bulat. Jika diukur memungkinkan, diameternya sekitar 10 cm.

Itu tidak pedas dan cenderung hangat. Anda bisa menambahkan cabai rawit jika ingin pedas.
4. Lari
palembnag murah arti spesial
Foto: https://www.instagram.com/eva_wahyu/

Masakan ini menggunakan bahan utama Pempek Lenjer. Menu yang satu ini juga sering dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Menggunakan santan yang lebih mirip dengan gulai. Anda bisa menikmatinya di pinggir jalan selama bulan Ramadhan dengan harga mulai 10.000 per porsi.
5. Sali Ikan
makanan khas palembang
Foto: https://www.instagram.com/tipsbikinkue/

Palembang memiliki berbagai oleh-oleh yang enak.

Biasanya menggunakan spesies yang berbeda seperti gabus, lais dan juga lele. Harganya pun tidak terlalu mahal, hanya 180.000 hingga 300.000 per kilo.
model ke-6
Foto: https://www.instagram.com/lilik_indrayani_81/

Presentasi selanjutnya adalah model yang memiliki dua presentasi berbeda. Beberapa menggunakan ikan atau gandum. Mereka semua memiliki rasa yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Sebagai lauk, disajikan dengan bawang goreng, mie jamur kuping, campuran mentimun dan udang. Hidangan menjadi lebih istimewa jika Anda menambahkan sedikit cuka, yang berwarna agak coklat tua, ke dalam saus dan banyak lagi.

Sumber :