Teknik Budidaya Tanaman Cengkeh Yang Baik

Teknik Budidaya Tanaman Cengkeh Yang Baik

Teknik menanam anyelir yang baik

Teknik Budidaya Tanaman Cengkeh Yang Baik

tanaman cengkeh

Cengkih merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Baik sebagai bumbu, campuran rokok kretek, atau sebagai bahan dalam pembuatan minyak atsiri, tetapi jika faktor tanam dan pemeliharaan lain tidak diperhatikan, produksi dan kualitas akan rendah.
kondisi tumbuh

Tanaman tumbuh optimal pada 300 – 600 dpal pada suhu 22°-30°C, jumlah curah hujan yang diinginkan 1500 – 4500 mm/tahun
Tanah gembur dengan kedalaman bedengan minimal 2 m, tidak berpasir dengan pH optimal 5,5 – 6,5. Jenis tanah Latosol, Andosol dan Podsol Merah sangat cocok untuk tanaman cengkeh.

taman kanak-kanak

Siapkan bedengan peneduh dengan lebar 1-1,2 m dan sesuai kebutuhan pada arah membujur arah utara-selatan. Sebuah parit sedalam 20 cm dan lebar 50 cm digali di sebelah kanan dan kiri bedengan. Sebuah bayangan 1,8 m di timur dan 1,2 m di selatan ditempatkan di tempat tidur, intensitas cahaya adalah 75%.
Bibit ditempatkan pada media dalam polibag berukuran 15cm x 20cm (untuk bibit pindah tanam umur 1 tahun) atau 20cm x 25cm (untuk bibit pindah tanam umur 2 tahun) dengan lubang dasar lubang 2,5 mm dengan jarak tanam 2 x 2 cm. Media yang digunakan adalah pasir halus, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1 dan Natural GLIO diberikan per 20-25 kg pupuk kandang siap pakai dan berumur ± 2 minggu. Dan sebelum menanam benih, siram tanah dengan POC NASA 5ml/liter air atau 0,5 kapsul per liter air. -Kemudian susun polybag di nursery yang sudah disiapkan.
Penyiraman dilakukan dua kali sehari. Tergantung pada pertumbuhan gulma, gulma 2-3 kali sebulan. Intensitas naungan secara bertahap dikurangi menjadi hanya 40% ketika bibit dibawa ke lapangan.
Pemupukan dilakukan dengan NPK dengan dosis 10 g/pohon/tahun atau dengan urea, SP-36 dan KCl dengan dosis 3,5 g/biji/tahun. Pupuk diberikan setiap 3 bulan sekali, sedangkan yang dalam polibag diberikan setiap 1,5 bulan sekali.

Catatan: Sebaiknya bibit diganti/ditambah dengan selang waktu 4 bulan dengan SUPERNASA dengan dosis 1 botol untuk ± 400 bibit. 1 botol SUPERNASA diencerkan dalam 4 liter (4000 ml) air sebagai larutan induk. Kemudian, 10 ml larutan induk ditambahkan per 1 liter untuk menyirami setiap benih.
untuk mengajar

Pengairan dilakukan pada blok tanam untuk memungkinkan penanaman 8m x 8m dalam pola persegi atau persegi panjang.
Tanaman

Cangkul tanah dipasangi pasak dengan ukuran lubang tanam 75 x 75 x 75 cm. Tanam di awal musim hujan. Tambahkan 25-50 kg pupuk kandang yang dicampur dengan 1 bungkus Natural GLIO dan 1,5-2 kg dolomit, aduk hingga rata. Sebarkan 5-10 kg campuran per lubang tanam. Dorong benih dan gumpalan tanah ke dalam lubang sampai ke leher akar.

Keluarkan bayangan buatan hingga 30cm dengan intensitas 50%. Semprotkan POC NASA secara merata dengan dosis 2-3ml/liter air per benih atau semprotkan POC NASA dengan dosis 2 tutup/tangki. Hasil akan lebih baik jika menggunakan SUPERNASA dengan cara: Menggunakan 1 botol SUPERNASA yang diencerkan dalam 2 liter (2000ml) sebagai larutan induk. Kemudian dalam 1 liter air ditambahkan 10 ml larutan induk, kemudian diberikan pada setiap pohon.

Sumber :